Semua orang pastinya pernah mengalami ketombe yang membandel, meskipun telah menggunakan shampoo anti ketombe, ketombe timbul lagi dan bahkan lebih banyak dari sebelumnya. Hal ini dise
babkan oleh kemungkinan adanya kesalahan dalampemilihan shampoo anti ketombe dan kurangnya perhatian dan perawatan dari rambut dan kesehatan kulit kepala. Selain itu jga disebabkan oleh pengelupasan sel-sel kulit mati di kulit kepala yang berlebihan. Ada beberapa cara tradisional untuk menghilangkan ketombe di rambut yang membandel dan sering membuat penampilan menjadi kurang percaya diri.
Berikut ini ada beberapa resep tradisional yang dapat digunakan untuk mengatasi dan menghilangkan ketombe, tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal, diantaranya :
1. Garam Dapur
Garam dapur yang sejatinya lebih banyak digunakan untuk menambah rasa asin dalam setiap sajian masakan atau berbagai jenis makanan. Makanan tanpagaram seperti hambar. Garam dapur yang memang kita ketahui lebih banyak digunakan sebagai penyedap rasa makanan, ternyata dapat dijadikan sebagai obat penghilang ketombe, caranya :
- Campurkan 2 sendok garam dapur kedalam segelas air dingin, kemudian aduk rata sampai garam larut dan tercampur drngan air
- Celupkan telapak tangan anda kedalam larutan garam tadi, hingga beberapa saat kemudian gosokkan tangan tersebut pada kulit kepala hingga beberapa saat sampai meresap kedalam pori-pori kulit kepala
- Sambil dipijat dengan perlahan, kemudian bilas dengan shampoo yang biasa anda gunakan hingga bersih. Cobalah mennggunakan resep tradisional ini 2x seminggu dengan giat, ketombe akan berkurang dan hilang.
2. Jeruk nipis
Jeru nipis juga dikenal sebagai obat penghilang ketombe yang baik, sudah sejak lama jeruk nipis digunakan sebagai salah satu bahan campuran shampoo yang kini sudah banyak dijual dipasaran. Caranya :
- Siapkan 2 buah jeruk nipis yang masing-masing dibagimenjadi 3 bagian, kemudian gosokkan jeruk nipis pada kulit kepala dan rambut sampai rata hingga keseluruh bagian rambut
- Kemudian bungkus rambut dengan menggunakan handuk, biarkan hingga 1 malam dan keesokan harinya keramas dan bilas dengan bersih hingga tak ada serpihan jeruk nipis yang tersisa di rambut. Lakukan cara ini 3x seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal agar ketombe cepat hilang.
3. Daun kangkung
Kangkung merupakan jenis sayuran yang mengandung antioksidan yang sangat baik, juga dikenal sebagai sayuran anti kanker. Namun kangkung memang tidak boleh terlalu banyak dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki reumatik. Selain itu kangkung dapat digunakan sebagai sayuran untuk menghilangkan ketombe dengan cara alami, caranya :
- Ambil 2-3 genggam kangkung, kemudian potong kecil-kecil, setelah itu cuci kangkung hingga bersih
- Rendam potongan kangkung dalam wadah hingga semalaman, hingga air rendaman berubah warna menjadi kebiru-biruan
- Keesokan harinya air rendaman yang telah berubah warna dipisahkan dengan kangkungnya. Gunakan air rendaman tersebut untuk keramas 2-3 kali, lalu diamkan hingga 15 menit kemudian bilas dengan shampoo yang biasa digunakan hingga bersih.
- Apabila banyak memiliki ketombe saat keramas menggunakan rendaman air kangkung akan terasa perih. Gunakan setiap hari maka anda akan terbebas dari masalah ketombe.
4. Daun Pandan
Daun pandan yang biasa digunakan sebagai pewarna makanan dan pewangi makanan seperti kue, kolak dsb.Daun pandan juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe dengan cara alami, caranya :
- Sediakan 7 lembar daun pandan yang masih segar, cuci bersih kemudian haluskan
- Tambahkan 1/2 cangkir air bersih sambil diremas untuk diambil sarinya dan saring
- Air perasan daun pandan tadi dioleskan secara merata keseluruh kulit kepala yang berketombe, kemudian biarkan mengering dengan sendirinya. Ulangibeberapa kali bila perlu.
- Lalu diamkan hingga 1/2 – 1 jam, kemudian bilas rambut dengan air bersih. Bila perlu lakukan setiap harihingga ketombe menghilang dan rambut akan menjadi wangi.
5. Buah Mengkudu
Buah mengkudu atau buah pace yang dikenal dengan baunya yang menyengat atau dikenal juga sebagai buah untuk mengobati darah tinggi, ternyata dapat dijadikan sebagai buah untuk menghilangkan ketombe, caranya :
- Siapkan buah mengkudu, kemudian haluskan dan oleskan seacara merata keseluruh bagian rambut hingga rata, diamkan sejenak selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih hingga bau buah mengkudu menghilang dari rambut anda.
- Gunakan resep ini, agar ketombe cepat menghilang, meskipun bau namun buah ini terbilang cukup ampuh untuk menghilangkan ketombe.

Post a Comment

Powered by Blogger.