like-button.net

Tips atau Trik Menyalip Long Vehicle Di Jalan Raya




Pada saat hendak menyalip kendaraan besar, misalkan truk gandengan, truk container, bis, atau kendaraan besar lainnya, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :
  1. Pada kecepatan diatas 60 km/jam, jarak antara kendaraan anda dengan kendaraan yang
    hendak anda salip adalah minimal 10 m.
  2. Nyalakan lampu sein kendaraan anda.
  3. Bebaskan pandangan anda kedepan, usahakan jangan terhalangi oleh kendaraan yang berada didepan anda.
  4. Pastikan kondisi pada jalur anda sudah bebas dari rintangan, misalkan tidak ada kendaraan parkir, tidak ada kendaraan lain yang menyalip atau yang akan disalip, pandangan anda tidak terhalang oleh asap tebal kendaraan, dan sebagainya.
  5. Bunyikan klakson anda 3 kali dering pendek dan atau lampu jauh 3 kali pendek untuk memberikan peringatan pada kendaraan yang akan anda salip
  6. Akselerasikan kendaraan anda secepatnya (bisa dengan cara memasukkan persneling rendah satu tingkat) untuk menyalip kendaraan besar tersebut dengan tetap mengarahkan kemudi anda tetap pada jalurnya (jangan melakukan manuver zig-zag atau lainnya).
  7. Jangan menyalip kendaraan pada tikungan terutama yang memiliki blind spot.
  8. Usahakan JANGAN PERNAH MENYALIP DARI SEBELAH KANAN, karena selain menghindari munculnya kendaraan dari arah yang berlawanan, kendaraan-kendaraan besar memiliki kecenderungan untuk berada pada lajur sebelah kanan. Karena itu saya merekomendasikan untuk mendahului dari sisi yang aman, baik dari sisi kiri ataupun sisi kanan (dengan definisi aman seperti sudah tersebut diatas)
  9. JANGAN PERNAH MENYALIP KENDARAAN PANJANG (LONG VEHICLES) SECARA BERTURUT-TURUT kecuali kendaraan tersebut dalam kecepatan rendah, karena akselerasi kendaraan anda pasti jauh lebih cepat dan kondisi jalur anda belum dapat dipastikan aman.

0 komentar:

Blogger Tricks And TipsComment here

.

Copyright © 2012 Puji Setiawans BlogTemplate by :Urangkurai.Powered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.