APA ITU MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI ?
 
 

      Manajemen layanan sistem informasi adalah metode pengelolaan sistem teknologi informasi yang terpusat pada perspektif konsumen layanan sistem teknologi informasi terhadap bisnis perusahaan.

       Manajemen Layanan Sistem Informasi mempunyai standar internasional yang disebut dengan Information Technology Infrastructure Library (ITIL). ITIL merupakan kerangka best practice yang dapat dijadikan sebagai panduan dan referensi dalam memastikan terwujudnya manajemen pelayanan teknologi informasi (IT Services Management) yang prima dan handal.

      ITSM berfokus pada proses dan terkait dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses seperti Six Sigma dan Business Process Manajemen. Beberapa proses dari ITSM itu yaitu:
  • bagaimana menjaga keseimbangan antara bisnis layanan teknologi informasi sesuai dengan apa yang dibutuhkan customer.
  • Melayani dengan TI yang berkualitas dan dengan harga yang sesuai dengan keefektifan TI yang diberikan.
  • Membina kerjasama yang baik antara pihak suplier dan customer dengan tidak saling mengecewakan dan dapat memberikan layanan yang terbaik.
  • Membina dan melayani dengan tingkat kemampuan melayani sebaik- baiknya customer yang nantinya akan mempengaruhi terhadap kepuasan yang akan didapatkan customer tersebut.
           ITSM umumnya menangani masalah operasional manajemen teknologi informasi dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri. Misalnya, pada aplikasi sebuah minimarket, fungsi perhitungan pada komputer kasir hanya dapat dilakukan jika user yang melakukan log-in adalah kasir. Fungsi input database hanya dapat dilakukan jika user yang melakukan log-in adalah admin.
     
    Peran Manajemen Layanan Sistem Informasi :
  • Mendukung Operasi Bisnis . Mulai dari akuntansi sampai dengan penelusuran pesanan pelanggan, sistem informasi menyediakan dukungan bagi manajemendalam operasi/kegiatan bisnis sehari-hari. Ketika tanggapan/respon yangcepat menjadi penting, maka kemampuan Sistem Informasi untuk dapat mengumpulkan dan mengintegrasikan informasi keberbagai fungsi bisnis menjadi kritis/penting. http://www.pujisetiawans.blogspot.com/
  • Mendukung Pengambilan Keputusan Managerial. Sistem informasi dapatmengkombinasikan informasi untuk membantu manager menjalankanmenjalankan bisnis dengan lebih baik, informasi yang sama dapat membantu para manajer mengidentifikasikan kecenderungan dan untuk mengevaluasihasil dari keputusan sebelumnya. Sistem Informasi akan membantu paramanajer membuat keputusan yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih bermakna.
  • Mendukung Keunggulan Strategis. Sistem informasi yang dirancang untuk membantu pencapaian sasaran strategis perusahaan dapat men-ciptakankeunggulan bersaing di pasar.
  • Meningkatkan pelayanan secara global/menyeluruh antara lain
  • Mampu meningkatkan persaingan bisnis secara global (melakukan pengelolaan dan pengawasan pasar global:
    • a. Pengawasan tingkat pelayanan dan tingkat biaya, pelayanan penyebaraninformasi dengan menggunakan global network. 
    • b. Perencanaan strategi peruahaan dan kebijakan (mengetahui selerakonsumen, peluang pasar di tempat lain.
    • c. Pengambilan keputusan untuk pengembangan produk dan ekspansi (dgnadanya strategi perusahaan maka akan bisa mengembangkan produk danmapu bersaing di pasar global dan terbetnuk kelompok kerja yang meluasdn membentuk sistem delivery yang luas).
  • Mampu bersaing di pasar global = (terjadinya perdagangan bebas,mengetahui peluang pasar, pemanfaatan internet. http://www.pujisetiawans.blogspot.com/
  • Membentuk kelompok kerja yang luas = ( merger dengan perusahaan lain, perusahan pusat dengan cabang).
  • Membentuk sistem delivery yang meluas = ( adanya perwakilan2 delibverydisetiap cabang, dibentuk pelaksanaan transaksi melalui internet).
  • Melakukan perubahan ekonomi industri (menyediakan informasi dan pengetahuan berbasis ekonomis = mengetahui daya beli masyarakat,mengetahui informasi seperti kurs valuta asing sehingga memudahkan pengambilan keputusan dalam hal pembelian bahan baku, jumlah produksi,tingkat keamanan suatu negara mempengaruhi daya beli masyarakat, bencanaalam juga mempengaruhi tingkat pembelian masyarakat sehinggamempengaruhi export kita.
  • Meningkatkan produktivitas = ( perencanaan jadwal kerja, perencanaan jumlah produksi, mengurangi waktu menganggur).
  • Meningkatkan produk dan pelayanan yang inovatif dan kreatif.= peningkatandaya saing kita lihat dari jasa informasi, mengetahui selera masyarakat,meningkatkan kepuasan pelanggan.
  • Menyediakan informasi secara global (meningkatkan komunikasi dan analisis perdagangan dalam skala global = mempersingkat proses produk, kitamelakukan analisis2 melalui SWOT pesaing, bahan baku yang sama tapi harga yang lebih rendah akan meningkatkan penjualan ini dapat terjadi karena proses produk dapat di persingkat.
  • Menyediakan pelayanan selama 24 jam = internet, mobil banking, layananhotline.
     


    source : Wikipedia, Layanan Sistem Informasi Manajemen (Sindylaras Utami)