Marah adalah sesuatu hal yang manusiawi akan tetapi jika terlalu berlebih akan menrugikan diri sendiri dan orang lain. Berikut adalah beberapa saran praktis untuk mengatasi marah yang dikutip dari bioenergicenter.com

1. Ketika anda marah jangan mengatakan apa-apa.
Jika kita berbicara dalam rasa marah, kita pasti akan memperburuk situasi dan sangat mungkin menyakiti perasaan orang lain. Jika kita berbicara dalam rasa marah, kita mungkin akan menemukan bahwa orang-orang akan menanggapi dengan rasa marah juga, menciptakan sebuah lingkaran kemarahan. Namun jika kita bisa menjaga untuk tetap diam, maka akan memberikan waktu untuk emosi kemarahan meninggalkan kita.
“Ketika marah, hitunglah sampai sepuluh sebelum anda berbicara. Jika anda sangat marah, hitunglah sampai seratus. ”
– Thomas Jefferson –

2. Acuhkan terhadap orang-orang yang berusaha membuat kita marah.
Sialnya, beberapa orang mungkin memiliki niat jahat dengan mencoba membuat anda marah dan mengambil kesenangan dari anda. Namun jika kita bisa mengacuhkan kata-kata mereka dan tidak merespon dengan cara apapun provokasi mereka, mereka akan kehilangan minat dan tidak mengganggu kita di waktu mendatang.

3. Gunakan alasan untuk menghentikan kemarahan.
Ketika kita marah, katakan kepada diri sendiri “kemarahan ini tidak akan membantu saya dengan cara apapun. Kemarahan ini akan membuat situasi lebih buruk.” Bahkan jika sebagian dari kita masih marah, suara batin kita akan membantu kita untuk menjauhkan diri dari emosi kemarahan.

4. Bersikap baik pada orang lain.
Visualisasi lain yang disarankan oleh seorang guru spiritual adalah melihat agen kemarahan sebagai anak berusia 5 tahun. Jika anda berpikir tentang orang lain sebagai anak berusia 5 tahun yang tak berdaya, kasih sayang dan pengampunan anda yang akan muncul. Jika adik kecil anda tidak sengaja menusuk anda, anda tidak akan merasakan kemarahan dan keinginan untuk membalas. Sebaliknya anda hanya akan merasa dia masih terlalu muda dan perlu tahu hal-hal yang lebih baik. Latihan ini mungkin sangat berguna bagi anggota keluarga dekat yang kadang-kadang menimbulkan rasa marah anda.

5. Nilai perdamaian jauh lebih tinggi dibanding rasa marah.
Jika kita menghargai ketenangan pikiran sebagai harta kita yang paling penting, kita tentu saja tidak akan membiarkan kemarahan tetap ada dalam sistem kita. Seperti Sri Chinmoy pernah katakan :
“Anda mungkin punya hak untuk marah dengan seseorang, tetapi anda tahu bahwa dengan marah kepadanya anda hanya akan kehilangan kedamaian pikiran anda yang berharga ..”

6. Selalu mencoba untuk memahami mereka yang marah pada anda.
Jangan khawatir jika anda memiliki perasaan untuk membela diri dari kritik mereka. Jika anda dapat tetap tenang, mereka mungkin mulai merasa bersalah melampiaskan kemarahan mereka pada anda. Terinspirasi oleh contoh ketenangan anda, mereka akan sadar dan berusaha untuk melakukan hal yang sama.

7. Fokus pada sesuatu yang sama sekali berbeda.
Misalkan seseorang telah melakukan sesuatu yang membuat anda marah. Pikirkan tentang sesuatu yang akan membuat anda bahagia. Penangkal terbaik untuk negatif adalah fokus pada yang positif.

8. Tarik nafas dalam-dalam.
Tindakan sederhana dengan menarik nafas dalam-dalam akan sangat membantu anda dalam menghilangkan kemarahan.

9. Meditasi.
Berlatih meditasi secara teratur untuk membawa kedamaian batin anda kedepan. Jika kita dapat memiliki akses menuju kedamaian batin, maka kita akan mampu memanfaatkan hal ini selama masa pengujian.

10. Tersenyum.
Ketika kita tersenyum kita meredakan banyak situasi negatif. Tersenyum adalah cara menawarkan niat baik kepada orang lain. Tersenyum tidak memerlukan biaya apa-apa, selain efektif dapat meredakan situasi tegang.
Diatas adalah Cara Praktis Mengatasi Rasa Marah yang dikutip dari Bioenergi Center. Semoga kita bisa menghilangkan rasa marah dari diri kita yang berlebih.


Cemburu bisa dirasakan siapa saja, baik wanita bahkan pria. Secuek-cueknya pria, jika mereka cemburu, bisa lebih parah menghadapinya ketimbang wanita. Bagaimana cara menghadapi pacar yang sedang marah karena cemburu? Ini dia tips yang bisa Anda coba. Berikut info yang dikutip dari vemale.com

Ingatkan Dia Untuk Percaya Pada Anda
Bisa jadi dia cemburu karena ada gosip yang mengatakan bahwa Anda kembali dekat dengan mantan pacar. Oke, Anda memang dekat lagi dengannya, dengan alasan tertentu dan itu bukan urusan hati atau cinta. Sebuah hubungan tidak hanya dibangun atas dasar cinta, tetapi juga percaya. Yakinkan si dia untuk percaya pada Anda, bahwa Anda tidak selingkuh atau mengkhianatinya.

Waspada Isu Yang Beredar
Yang namanya gosip, tidak hanya artis saja yang menghadapinya. Kekasih Anda cemburu pasti ada sebabnya. Waspadalah dengan isu yang muncul, yang bisa membuat hubungan Anda berantakan. Mengapa isu itu sampai muncul? Mengapa pacar Anda bisa sampai sangat cemburu bahkan marah?

Jelaskan Dari Sudut Pandang Anda
Buat kondisi yang tenang, Anda dan dia tidak dalam kondisi emosi. Duduklah dan bicara empat mata. Jelaskan alasan Anda mengapa bisa dekat lagi dengan mantan, ceritakan saja bahwa ibu mantan pacar Anda minta bantuan tertentu, yang akhirnya membuat Anda dan mantan sering berhubungan lagi.
Jelaskan semuanya dan jangan berbohong. Biarkan dia tahu posisi Anda dalam sudut pandang Anda. Dan biarkan kekasih Anda yang menilai, bahwa apa yang Anda katakan benar.

Dengarkan Pendapatnya
Yang tidak kalah penting adalah mendengar pendapat dan pemikirannya. Ingat, pemikiran pria dan wanita sering berbeda, sudut pandang juga sering berbeda. Maka dengarkan setiap pendapat yang dia utarakan. Entah dia kecewa atau kesal dengan Anda, itu semua adalah kejujurannya, terimalah.

Temukan Jalan Keluar
Setelah menjelaskan sudut pandang masing-masing (dan keluhan dari si dia), buatlah jalan keluarnya berdua. Anda harus bagaimana? Tanyakan padanya. Batas-batas apa yang dia inginkan agar tidak lagi cemburu. Bahkan jika dia meminta agar Anda menjauh dari mantan dengan alasan apapun, rundingkan hal ini, dan buat kesepakatan. Jika sudah sepakat, jangan dilanggar.

Yakinkan Dia Bahwa Anda Masih Mencintainya
Setelah menghadapi masalah ini, yakinkan dia bahwa Anda masih mencintainya, dan dia bisa percaya bahwa Anda tidak akan mengkhianati kepercayaannya. Pria juga ingin mendapat kepastian bahwa wanita yang dicintainya tidak akan berpaling pada orang lain, maka biarkan dia tahu bahwa Anda adalah wanita yang setia.



Cemburu sering disebut-sebut sebagai ‘bumbu’ dan ekspresi rasa sayang. Tetapi bila rasa cemburu sudah berlebihan, bagaimana cara mengatasainya? Cemburu merupakan penggabungan rasa takut dan marah. Takut kehilangan pasangan dan kemarahan karena melihat kekasih dekat dengan cewek lain. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu kamu mengatasi kecemburuan berlebihan, seperti dikutip dari jelajah.up2det.com

1. ‘Nikmati’ Rasa Cemburu dengan Terkontrol
Jangan lawan perasaan cemburu tersebut. Merasa cemburu itu adalah hal yang wajar. Namun tentu saja, jangan sampai kecemburuan itu mengambil alih atau mengontrol hidup kamu.

2. Tanyakan Diri Sendiri kenapa kamu Cemburu
Langkah awal mengatasi rasa cemburu adalah dengan mengenali situasi terlebih dahulu. Ini bisa membuat kamu mendapatkan pandangan-pandangan lain yang lebih objektif. Tanyakan pada diri sendiri, apakah melihat si dia makan siang dengan teman ceweknya membuat kamu punya alasan kuat untuk cemburu atau ini hanya reaksi yang berlebihan.

3. Bangun Komunikasi yang Baik
Mulailah membagi keraguan, ketakutan dan pikiran kamu ini dengan si dia, tentu saja dengan cara yang benar dan dalam suasana yang nyaman. Cara lain, mulailah menjalin hubungan dengan teman terdekat si dia. Dengan mengenal dunianya, kamu lebih bisa berpikir dari sudut pandang yang berbeda.

4. Milikilah Waktu Pribadi
Walaupun berpacaran, bukan berarti kamu dan si dia harus selalu bersama. Sisihkan waktu untuk kamu sendiri dan teman-teman ketika si dia tidak bisa bersama. Hal ini dapat menghindari pikiran dan asumsi negatif yang menghampiri kamu setiap dia tidak berada di dekat kamu.

5. Buat Daftar Kebaikan
Buatlah daftar tentang segala sesuatu yang membuat kamu dan si dia saling mencintai. Jika rasa cemburu menghampiri, bacalah kembali daftar tersebut untuk mengingatkan bahwa ia mencintai kamu, dan kamu tidak memiliki alasan untuk cemburu dengan cewek lain.

6. Ungkapkan Perasaan
Ketimbang suntuk dan memendam emosi serta kemarahan, lebih baik utarakan perasaan kamu pada pasangan. Hal ini juga bisa membuka jalan bagi kamu dan pasangan untuk berkomunikasi mengenai masalah yang ada. Siapa tahu, kamu dan dia dapat mengatasi masalah ini bersama.

7. Positive Thinking
Hilangkan prasangka terhadap pasangan. Tak perlu lagi memeriksa telepon atau buku agendanya. Yakinkan pada diri sendiri, bahwa hanya kamu cewek yang ada di hati pasangan. Saat kamu berpikir positif, pikiran pun menjadi lebih jernih. Kamu bisa melihat kebaikan dan rasa sayang pasangan yang utuh, tanpa diganggu prasangka buruk.

8. Stop Berkhayal
Orang yang merasa cemburu, biasanya mulai memikirkan yang tidak-tidak tentang pasangannya. Jika si dia sampai saat ini belum menunjukkan tanda-tanda selingkuh atau hal-hal aneh lainnya, khayalan-khayalan ini malah bisa membuat kamu semakin dikuasai rasa cemburu.


Desain dan Struktur Organisasi

Struktur adalah cara sesuatu disusun atau dibangun organisasi yang merupakan suatu wadah berkumpulnya minimal dua orang untuk mencapai sebuah tujuan. Struktur Organisasi adalah Suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian secara posisi yang ada pada perusahaaan dalam menjalin kegiatan operasional untuk mencapai tujuan.Struktur organisasi adalah  bagaimana pekerjaan dibagi, dikelompok- kan, dan dikoordinasikan secara formal.Struktur organisasi ialah susunan pembagian tugas secara formal yang ada dalam sebuah organisasi. pujisetiawans.blogspot.com 

Selain memiliki struktur, organisasi juga memiliki desain organisasi.
desain organisasi, Ivancevich (2008) mendefinisikannya sebagai proses penentuan keputusan untuk memilih alternatif kerangka kerja jabatan, proyek pekerjaan, dan departemen. Dengan demikian, keputusan atau tindakan-tindakan yang dipilih ini akan menghasilkan sebuah struktur organisasi.


 Dimensi Struktur Organisasi



·                     Kompleksitas


Mempertimbangkan tingkat diferensiasi yang ada dalam organisasi termasuk didalamnya tingkat spesialisasi atau tingkat pembagian kerja, jumlah tingkatan didalam hirarki organisasi serta tingkat sejauh mana unit-unit organisasi tersebar secara geografis.

Diferensiasi horizontal, Diferensiasi horizontal merujuk pada tingkat diferensiasi antara unit-unit berdasarkan orientasi para anggotanya, sifat dari tugas yang mereka laksanakan, dan tingkat pendidikan serta pelatihannya. Dapat dikatakan bahwa semakin banyak jenis pekerjaan yang ada dalam organisasi yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang istimewa, semakin kompleks pula organisasi tersebut.

Diferensiasi vertikal, Diferensiasi  vertical  merujuk  pada kedalaman struktur. Diferensiasi meningkat, demikian pula kompleksitasnya, karena jumlah tingkatan hierarki di dalam organisasi bertambah. Makin banyak tingkatan yang terdapat di antara top management dan tingkat hierarki yang paling rendah, makin besar pula potensi terjadinya distorsi dalam komunikasi, dan makin sulit mengkoordinasi pengambilan keputusan dari pegawai manajerial, serta makin sukar bagi top management untuk mengawasi kegiatan bawahannya.

Diferensiasi spasial, Organisasi dapat melakukan aktivitas yang sama dengan tingkat diferensiasi horizontal dan pengaturan hierarki yang sama di berbagai lokasi. Tetapi keberadaan berbagai lokasi tersebut meningkatkan kompleksitas. Oleh karena itu, elemen ketiga dalam kompleksitas adalahdiferensiasi spasial, yang merujuk pada tingkat sejauh mana lokasi dari kantor, pabrik, dan personalia sebuah organisasi tersebar secara geografis. Diferensiasi spasial dapat dilihat sebagai perluasan dari dimensi dan diferensiasi horizontal dan vertikal. Artinya, adalah mungkin untuk memisahkan tugas dan pusat kekuasaan secara geografis. Pemisahan ini mencakup penyebaran jumlah maupun jarak.
            
Ketiga elemen tersebut tidak perlu merupakan sebuah paket. Misalnya telah dicatat bahwa perguruan tinggi biasanya mempunyai tingkat diferensiasi vertikal rendah dan sedikit atau tidak ada sama sekali diferensiasi spasial. Sebaliknya, suatu battalion tentara dicirikan oleh diferensiasi vertikal yang tinggi dan sedikit diferensiasi horizontal. 


·                     Formalisasi

Formalisasi merujuk pada tingkat sejauh mana pekerjaan di dalam organisasi itu distandardisasikan. Jika sebuah pekerjaan sangat diformalisasikan, maka pemegang pekerjaan itu hanya mempunyai sedikit kebebasan mengenai apa yang harus dikerjakan, bilamana mengerjakannya, dan bagaimana ia harus melakukannya. Formalisasi merupakan suatu ukuran tentang standardisasi. 

Karena kebijakan dariseseorang di dalam pekerjaannya berbanding terbalik dengan jumlah perilaku yang diprogramkan lebih dahulu oleh organisasi, maka makin besar standardisasi, makin sedikit pula jumlah masukan mengenai bagaimana suatu pekerjaan harus dilakukan oleh seorang pegawai.  pujisetiawans.blogspot.com 

Standardisasi ini bukan saja melenyapkan kemungkinan para pegawai untuk berperilaku secara lain, tetapi juga menghilangkan kebutuhan bagi para pegawai untuk mempertimbangkan alternative.
            
Sebuah pendekatan alternative mengatakan bahwa formalisasi berlaku untuk peraturan yang tertulis maupun tidak. Dengan demikian, persepsi sama pentingnya dengan realitas. Untuk tujuan pengukuran, formalisasi akan dihitung dengan memperhatikan, selain dokumen resmi organisai,sikap (attitudes) pegawai sampai pada tingkatan di mana prosedur pekerjaan diuraikan dan peraturan diterapkan.

Jangkauan Formalisasi. Penting untuk diketahui bahwa tingkat formalisasi dapat sangat berbeda di antara dan di dalam organisasi. Pekerjaan tertentu dikenal mempunyai sedikit formalisasi. Pada umumnya adalah benar bahwa pekerjaan yang tidak terampil adalah yang paling sempit yaitu yang paling sederhana dan yang paling berulang adalah yang paling cocok bagi tingkat formalisasi yang tinggi. Makin besar profesionalisme sebuah pekerjaan, maka makin kecil kemungkinan pekerjaan itu diformalisasi dengan tinggi. Formalisasi berbeda bukan hanya dalam hal pekerjaan itu tidak terampil (unskilled) atau professional, tetapi juga dalam tingkatan organisasi dan departemen fungsional.


Mengapa Formalisasi itu Penting?

Organisasi menggunakan formalisasi karena keuntungan yang diperoleh dari pengaturan perilaku para pegawai. Standardisasi perilaku akan mengurangi keanekaragaman. Standardisasi juga mendorong koordinasi. Penghematan yang diperoleh dari formalisasi juga tidak boleh diabaikan. Makin besar formalisasi tersebut, makin sedikit pula kebijaksanaan yang diminta dari pemegang jabatan. Hal ini relevan, karena kebijaksanaan memerlukan biaya.

Hal ini menjelaskan, secara kebetulan, mengapa banyak organisasi besar mempunyai manual akuntansi, manual personalia, dan manual pembelian yang  seringkali beribu-ribu halaman tebalnya. Organisasi-organisasi ini memilih untuk memformalkan pekerjaan sedapat mungkin agar memperoleh prestasi paling efektif dari para pegawainya dengan biaya paling rendah.

- Teknik-teknik Formalisasi

Para manajer mempunyai sejumlah teknik untuk dapat menstandardisasikan perilaku para pegawai. Berikut adalah teknik-teknik yang paling populer :

·                     Seleksi
·                     Persyaratan Peran
·                     Peraturan, Prosedur, dan Kebijaksanaan
·                     Pelatihan
·                     Departementalisasi Organisasi


Departementalisasi
pujisetiawans.blogspot.com 

Pengertian Departementalisasi

Departementalisasi adalah proses penentuan cara bagaimana kegiatan yang dikelompokkan. Beberapa bentuk departementalisasi sebagai berikut :

·                     Fungsi
·                     Produk atau jasa
·                     Wilayah
·                     Langganan
·                     Proses atau peralatan
·                     Waktu
·                     Pelayanan
·                     Alpa – numeral
·                     Proyek atau matriks


Departementalisasi Fungsional

Departentalisasi fungsional mengelompokkan fungsi – fungsi yang sama atau kegiatan – kegiatan sejenis untuk membentuk suatu satuan organisasi.


Organisasi fungsional ini barangkali merupakan bentuk yang paling umum dan bentuk dasar departementalisasi. kebaikan utama pendekatan fungsional adalah bahwa pendekatan ini menjaga kekuasaan dan kedudukan fungsi- funsi utama, menciptakan efisiensi melalui spesialisasi, memusatkan keahlian organisasi dan memungkinkan pegawai manajemen kepuncak lebih ketat terhadap fungsi-fungsi.


pendekatan fungsional mempunyai berbagi kelemahan. struktur fungsional dapat menciptakan konflik antar fungsi-fungsi, menyebabkan kemacetan-kemacetan pelaksanaan tugas yang berurutan pada kepentingan tugas-tugasnya, dan menyebabkan para anggota berpandangan lebih sempit serta kurang inofatif.

Departementalisasi Divisional

Organisasi Divisional dapat mengikuti pembagian divisi-divisi atas dasar produk, wilayah (geografis), langganan, dan proses atau peralatan.


Struktur organisasi divisional atas dasar produk. setiap departemen bertanggung jawab atas suatu produk atau sekumpulan produk yang berhubungan (garis produk). Divisionalisasi produk adalah pola logika yang dapat diikuti bila jenis-jenis produk mempunyai teknologi pemrosesan dan metoda-metoda pemasaran yang sangat berbeda satu dengan yang lain dalam organisasi.


Sturktur organisasi divisional atas dasar wilayah. Departementalisasi wilayah , kadang-kadang juga disebut depertementalisasi daerah , regional atau geografis , adalah pengelompokkan kegiatan-kegiatan menurut tempat dimana operasi berlokasi atau dimana satuan-satuan organisasi menjalankan usahanya.

Kebaikan-kebaikan struktur organisasi divisional dapat diperinci sebagai berikut :

·                  Meletakkan koordinasi dan wewenang yang diperlukan pada tingkat yang sesuai bagi pemberian tanggapan yang cepat.
·                  Menempatkan pengembangan dan implementasi strategi dekat dengan lingkungan divisi yang khas.
·                  Tempat latihan yang baik bagi para manager strategik.

Kelemahah-kelemahan sturktur divisional secara lebih terperinci :

·                     Masalah duplikasi sumberdaya dan peralatan yang tidak perlu.
·                     Dapat menimbulkan tidak konsistennya kebijakan antara divisi-divisi

Perusahaan yang melekukan departentalisasi diuntungkan dengan pembagian control dan koordinasi pada perusahaan tersebut. Wilayah kekuasaan dan tanggung jawab dipersempit sehingga untuk memimpinnya menjadi lebih mudah.

Departementalisasi sendiri dibagi atas beberapa macam yaitu :

·                     Departementalisasi berdasarkan pelanggan

Maksudnya perusahaan akan melakukan pembagian penjualan produk ke pelanggan,biasanya ada yang bagian produk laki-laki ataupun perempuan atau tua dan muda. Contohnya adalah pembagian penjualan produk Rexona ada pembagian untuk produk remaja, laki-laki , perempuan ataupun yang xtra berkeringat. Dengan dilakukannya pembagian ini penjualan akan lebih tepat sasaran dan efisien


·                     Departementalisasi berdasarkan produk

Maksudnya perusahaan akan mengelompokan departemen sesuai dengan kelompok produk yang dihasilkan misalkannya pembagian departeman barang untuk mengurusi produksi produk berupa barang dan departemen jasa untuk menangani produk yang berupa jasa


·                     Departementalisasi berdasarkan proses,


Maksudnya pembagian departemen berdasrkan proses pengkerjaannya, misalnya pada perusahaan meubel dibagi atas divisi untuk pengolahan kayu mentah, divisi pembuatan kursi atau meubel kemudian divisi pengecatan

·                     Departementalisasi berdasarkan geografis

Maksudnya pembagian departeman berdasarkan lokasi penjualan produk misalnya departemen yang mengawasi di jawa dan Bali, di Kalimantan maupun di Sumatara


·                     Departementalisasi berdasarkan fungsi

Maksudnya pembagian departemann berdasarkan aktifitas perusahaan dalam menjalankan bisnisnya, misalnya departemen produksi, departemen penjualan, departemen pemasaran dan lain-lain.

Setelah melakukan pembagian tugas, maka yang harus dilakukan adalah menetapkan hierarki pengambilan keputusan. Bagaimana dalam perusahaan perusahaan yang besar diperlukan cara penentuan pengambilaan keputusan karena tidak mungkin seorang presiden direktur melakukan pengambilan keputusan pada suatu masalah di cabang daerah.




Model – Model Desain Organisasi


A. Desain Organisasi Mekanistik.

·                     Proses kepemimpinan tidak mencakup persepsi tentang keyakinan dan kepercayaan.
·                     Proses motivasi hanya menyadap motif fisik, rasa, aman, dan ekonomik melalui perasaan takut dan sanksi.
·                     Proses komunikasi berlangsung sedemikian rupa sehingga informasi mengalir ke bawah dan cenderung terganggu tidak akurat.
·                     Proses interaksi bersifat tertutup dan terbatas, hanya sedikit pengaruh bawahan atas tujuan dan metode departemental.
·                     Proses pengambilan keputusan hanya di tingkat atas, keputusan Relatif.
·                     Proses penyusun tujuan dilakukan di tingat puncak original, tanpa mendorong adanya partisipasi kelompok.
·                     Proses kendali dipusatkan dan menekankan upaya memperhalus kesalahan.

 B. Desain Orgranisasi Orgranik.

·                     Proses kepemimpinan mencakup persepsi tentang keyakinan dan kepercayaan antara atasan dan bawahan dalam segala persoalan.
·                     Proses motivasi berusaha menimbulkan motivasi melalui metode Partisipasi.
·                     Proses komunikasi berlangsung sedemikian rupa sehingga informasi mengalir secara bebas keseluruh orgranisasi yaitu ke atas ke bawah dan kesamping.
·                     Proses interaksi bersifat terbuka dan ekstensif, bai atasan ataupun bawahan dapat mempengaruhi tujuan dan metode partemental.
·                     Proses pengambilan keputusan dilaksanakan di semua tingkatan melalui proses kelompok.
·                     Proses penyusunan tujuan mendorong timbulnya partisipasi kelompok untuk menetapkan sasaran yang tinggi dan realistis.
·                     Proses kendali menyeber ke seluruh orgranisasi dan menekan pemecahan masalah dan pengendalian diri.

Desain organisasi yang efektif tidak dapat berpedoman pada teori sebagai satu cara terbaik melainkan manajer harus menerima sudut pandang bahwa desain mekanistik atau desain organik lebih efektif bagi organisasi atau sub-sub untit di dalamnya.

Desain struktur subunit didesain sesuai dengan kontinummekanistik organik dengan cara yang konsisten dengan keadaan kondisi lingkungan, khususnya laju perubahan yamg lebih lambat, ketidak pastian yg lebih besar & rentang waktu balikan yang lebih singkat sesuai demgam desain mekanistik.

Desain teknik integratif tekhnik yang cocok, apakah peraturan, perencanaan atau penyesuaian bersama, bergantung pada tingkat diferensiasi sub unit. Semakin besar diferensiasinya semakin besar perlunya peraturan dan perencanaan.


Implikasi Manajerial Desain dan Struktur Organisasi
 pujisetiawans.blogspot.com 

Sebuah struktur dan desain yang efektif harus mampu mengoptimalkan kinerja baik organisasi maupun anggotanya. Hal ini bertujuan untuk tercapai apabila ada penataan tugas, aktivitas kerja dan individunya menurut cara-cara tertentu agar tujuan tercapai. Sebuah struktur dan desain yang efektif harus mampu menggunakan tipe dan jumlah dengan untuk mencapai tujuan.

SELESAI



Sumber : 
https://laurentiusnicodemus.wordpress.com/bab-910-desain-dan-struktur-organisasi/
http://widyanurfitriyani.blogspot.co.id/2014/05/makalah-struktur-dan-desain-organisasi.html
http://dokumen.tips/education/desain-struktur-organisasi-pertemuan-9-10.html


Powered by Blogger.