Hasil gambar untuk ex machina

Ex Machina film sci-fi yang bertema A.I (Artificial Intelligence) yang membahas tentang masa depan, tentang manusia, tentang teknologi, tentang bagaimana kedua elemen terakhir itu melebur membentuk sebuah narasi yang dipenuhi harapan besar sekaligus di saat bersamaan, dilema dan kecemasan luar biasa. Terdapat drama yang terjadi antara sebuah robot cerdas yang tertarik dengan seorang programmer bernama Caleb Smith.




Hasil gambar untuk interaksi manusia komputer

Caleb, programer komputer dari perusahaan search engine ternama, Blue Book beruntung terpilih menjadi pemenang kontes. Ia berkesempatan tinggal selama seminggu di kediaman bosnya, Nathan. Di sana Caleb rupanya tidak hanya sekedar tinggal dan menikmati segala fasilitas mewah dan canggih milik Nathan, ia juga diminta bantuannya oleh Nathan untuk menjadi bagian dari uji coba rahasia sebuah eksperimen A.I (Artificial Intelligence) muktahir yang dibentuknya dalam wujud robot wanita bernama Ava yang memiliki kecerdasan yang luar biasa, robot ini mampu berinteraksi dengan manusia, dan mempunyai wujud yang serupa dengan manusia, bahkan robot ini memiliki rasa empati dan hasrat seksualitas.

Terdapat banyak keterkaitan hubungan interaksi manusia dan komputer di film ini, yaitu :

1. Komunikasi antara Ava terhadap Caleb sangat mirip sekali dengan manusia biasa, bukan seperti berbicara dengan robot. Itu bisa dibuktikan saat Caleb bercerita tentang keluarganya yang meninggal rasa empati Ava muncul seketika.

2. Interaksi yang dilakukan antara Nathan terhadap kyoko (asisten pribadinya) juga sudah dapat dikatakan luar biasa meskipun kyoko tidak dapat mengerti bahasa Inggris namun ia bisa bersikap layaknya seperti manusia biasa.

3. Dalam proses pembuatan kartu pas Caleb, adegan ini menceritakan saat pertama Caleb hampir sampai dirumah Nathan tiba-tiba ada suara yang menyuruh Caleb mendekati konsol dan menghadap ke layar untuk difoto pembuatan kartu pas.

4. Penggunaan kartu pas, kartu pas ini digunakan untuk membuka ruangan yang menjadi fasilitas si pemillik kartu.

Menurut saya banyak pelajaran yang bisa diambil pada film Ex Machina, secara tidak langsung film ini memberi tahu kita bahwa pada masa depan nanti akan banyak robot-robot yang memiliki kecerdasan manusia seperti Ava, film ini mengajarkan kita jangan sampai kecerdasan buatan yang kita ciptakan itu menghancurkan kita sendiri.

Post a Comment

Powered by Blogger.